Cara mudah Menghitung Berat Ideal

Berat badan sangat sensitif, terutama bagi perempuan. Banyak orang yang masih bingung bagaimana menghitung berat badan ideal yang benar. Anda dapat menggunakan metode BMI atau indeks massa tubuh untuk menentukan berat badan ideal.

Metode BMI menggunakan berat dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Dengan demikian dapat segera kita ketahui dalam kategori baik, kurus, normal, berlebihan atau obesitas.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal



Metode BMI (Indeks Tubuh Mess) atau BMI (Body Mass Index) adalah cara termudah untuk menghitung berat badan ideal. Berikut adalah formula yang dapat Anda gunakan:

Ideal Berat Badan = Berat (Kg) : (tinggi badan (dalam meter) x tinggi badan (dalam meter))

Contoh: 60kg (1,65 m x 1,65 m) = 22.05

Hasilnya dapat mencocokkannya dengan kriteria sebagai berikut:

Standar BMI Untuk Wanita
<18    = Anda kekurangan berat badan / berat badan
18-25 = normal atau yang ideal berat badan
25-27 = Anda kelebihan berat badan
> 27   = obesitas, Anda harus segera melakukan program penurunan berat badan

Standar BMI Untuk Pria
<17    = Anda kekurangan berat badan / berat badan
17-23 = normal atau yang ideal berat badan
23-27 = Anda kelebihan berat badan
> 27   = obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat

Benar-benar ada Berat Ideal?
Sayangnya metode BMI atau indeks massa tubuh tidak dapat digunakan untuk mengukur kadar lemak tubuh. Karena pada kenyataannya ada beberapa kasus bahwa ada orang yang benar-benar bertambah berat badan setelah kebugaran, namun ada juga yang benar-benar kehilangan berat badan setelah kebugaran. Hal ini karena berat badan dapat dipengaruhi oleh lemak tubuh dan otot.

Seseorang yang massa otot mereka meningkat karena gym, berat badan akan meningkat naik. Begitu juga kelebihan atau kekurangan lemak, hal itu dapat mempengaruhi berat badan. Perbedaannya adalah bahwa lemak tidak sehat dan lemak tidak bisa memberikan bentuk tubuh yang indah.

Bagaimana Mengetahui Berat Ideal?
Jadi bagaimana untuk mengetahui berat badan ideal Anda? Anda tidak harus terpaku dengan angka. Anda dapat melihat ke dalam cermin bagaimana bentuk tubuh Anda. Apakah masih terlihat perut buncit atau lengan lembek? Jika Anda puas dengan bentuk tubuh saat ini atau masih ingin langsing?

Anda dapat mengukur lemak tubuh menggunakan monitor alat lemak khusus. Kandungan lemak yang normal untuk pria adalah 15-20% dan 20-25% anak perempuan. Kandungan lemak yang dapat dikatakan baik sehingga mereka dapat membuat tubuh berbentuk baik adalah 10-15% menjadi 15-20% untuk anak laki-laki dan perempuan.

Pada saat kebugaran untuk berlatih, tanpa menyadari Anda melakukan dua hal. Massa peningkatan otot pertama dan yang kedua adalah untuk mengurangi jumlah lemak tubuh. Jika massa otot berkembang, maka berat badan akan naik tapi tubuh berbentuk. Misalnya, jika Anda meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak 1kg 1kg, maka berat badan kita tidak akan mengubah jumlah sisik. Namun, kami akan mengurangi ukuran celana.

Jadi bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang ideal, tidak menempel dengan angka-angka pada timbangan. Karena banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan berat badan. Tapi ketika tubuh Anda mulai terlihat merosot karena deposit lemak, maka saatnya untuk menurunkan berat badan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel