10 Manfaat Daun sirih bagi Kesehatan

Daun sirih adalah salah satu spesies asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Pada zaman kuno budaya kakek-nenek kita sering mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang dan kapur, tetapi seiring dengan perkembangan zaman secara bertahap menghilang. Daun sirih memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dan berbagai upacara. Manfaat daun sirih sangat banyak baik untuk kesehatan dan kecantikan, sehingga daun sirih dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pengobatan dan penyembuhan berbagai penyakit.

Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk mensterilkan dan antijamur dan antioksidan. Selain itu daun sirih juga sering digunakan untuk mengobati penyakit, salah satu contoh adalah dengan merebus daun sirih untuk menghilangkan bau badan, batuk, jerawat, keputihan dan sebagainya. Tidak hanya itu manfaat daun sirih untuk kesehatan, ada banyak manfaat lain yang harus Anda ketahui untuk mengobati berbagai penyakit dan berbahaya.

10 Manfaat Daun sirih bagi Kesehatan

1. Melancarkan Buang air kecil
Daun sirih adalah diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil . Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, Anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk bertindak secara sepihak untuk membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampur jus daun sirih dengan madu dan susu, lalu minum selama 1 minggu.

2. Menghilangkan Bau Badan
Anda memiliki masalah dengan bau badan, dan ingin menghilangkannya secara alami. Anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk menghilangkan itu dengan mengambil lima daun sirih dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa 1 gelas hingga hanya. Kemudian minulah pada siang hari. Lakukan ini sampai bau hilang.

3. Mengobati Luka bakar
Jika Anda terluka karena luka bakar, seperti knalpot terpapar atau sehingga Anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan memeras daun sirih secukupnya, kemudian tambahkan sedikit madu, lalu oleskan pada luka kulit karena terbakar. Apakah tersbeut sampai luka sembuh.

4. Mengobati Ulkus 
Jika Anda terkena bisul, maka Anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobati. Sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu oleskan pada daerah yang terkena bisul. Agar daun sirih Tidak hilang, Anda harus menggunakan perban kain.

5. Mengatasi Diare
Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi, jika Anda memiliki diare, Anda dapat mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan daun sirih dengan mengambil enam lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak . Lalu tumbuk tiga bahan sampai halus, lalu gosokkan pada perut dengan diare.

6. Mengobati Bronchitis
Anda memiliki masalah dengan batuk bronkitis, Anda dapat mencoba untuk mengobati dengan menggunakan daun sirih direbus 5-7 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih dengan sepotong gula batu dalam 2 gelas air. Tuggu sampai tersisa satu gelas saja. Lalu minum 3 kali sehari masing-masing cangkir ketiga.

7.Mengobati gatal-gatal atau  luka 
Salah satu manfaat dari daun sirih adalah dapat mengobati luka dan gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Anda dapat mengobatinya hanya dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan digunakan untuk mandi atau mencuci kulit gatal saja. Anda melakukan ini dengan mengambil 15 sampai 20 lembar daun sirih, lalu cuci dan rebus sampai mendidih. Gunakan sebisa mungkin dalam keadaan masih hangat.

8. Mengobati Mimisan
Jika Anda sering mengalami mimisan atau pendarahan di hidung, Anda dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih. Anda melakukan ini dengan mengambil satu daun sirih yang agak muda, kemudian ditumbuk, menggulung sambil memegang keluar minyak. Kemudian gunakan hidung Anda untuk menyumbat darah tidak keluar lagi.

9. Mengobati Jerawat
Anda memiliki masalah dengan jerawat dan segera ingin menghapusnya, Anda dapat menggunakan daun sirih dengan mengambil 8 sampai 10 lembar daun sirih, lalu cuci, memeras atau digiling kasar, kemudian diseduh dengan air panas dan menggunakan air untuk mencuci luka. Lakukan cara ini sampai 2 atau 3 kali sehari.

10.Mengobati Kanker 
Daun sirih dapat berguna untuk mengobati kanker, Anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan mengambil beberapa daun sirih, lalu rebus sampai airnya berkurang menjadi 1/4, kemudian mengambil air rebusan daun sirih, campur dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari saat masih dalam keadaan hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel